Oleh : Putu Edi Agustina*1 dan I Nyoman Mudarya*2
*1Alumni FISIP UNIPAS. *2Staf Pengajar FKIP Universitas Panji Sakti
(Locus Majalah Ilmiah Fisip Vol 6 No. 1- Agustus 2016,
hal 25-36)
Abstraksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan tenaga
administrasi sekolah dalam meningkatkan prestasi siswa di SMP Negeri 4
Gerokgak. Dengan menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penelitian
yang hanya menggambarkan, mendeskripsikan, dan meringkas berbagai kondisi dan
situasi yang ada dengan sasaran pokok adalah agar bisa menggambarkan secara
rinci peranantenaga administrasi sekolah dalam meningkatan prestasi siswa di
SMP Negeri 4 Gerogak, Kecamatan Gerogak, Kabupaten Buleleng. Dalam hal ini
dalam proses pembelajaran sangat diperlukan peran tenaga administrasi sekolah,
karena dalam setiap kegiatan pembelajaran yang berlangsung memerlukan sarana
dan prasarana penunjang. Tenaga administrasi sekolah selalu berperan dalam
menghasilkan sebuah iklim belajar yang kondusif sehingga peserta didik merasa
nyaman untuk mengembangkan seluruh potensi yang dimilikinya. Semua prestasi
yang telah diraih oleh siswa SMP Negeri 4 Gerokgak dalam setiap kegiatan lomba
khususnya lomba non akademik, tidak terlepas dari dukungan sarana dan
prasarana, pembiayaan, pembinaan serta profesionalisme guru dan tenaga administtasi
sekolah. Tenaga administrasi sekolah
selalu berperan dalam kegiatan tersebut guna menunjang segala kegiatan yang
berhubungan dengan peningkatan prestasi siswa.
Kata Kunci : Peranan,
Tenaga Adninistrasi Sekolah, Prestasi Siswa
1.
PENDAHULUAN
Pendidikan merupakan sebuah
cara untuk mencapai tujuan nasional yang telah ditetapkan dalam Undang – Undang
Dasar 1945. Sesuai dengan tujuan nasional bangsa yang tercantum dalam pembukaan
UUD 1945, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa, pendidikan menjadi sangatlah
penting. Menurut Undang – Undang Nomor
20 Tahun 2003 tetang Sistem Pendidikan Nasional, bahwa yang dimaksud dengan Pendidikan adalah usaha
sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar danproses pembelajaran
agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki
kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan,
akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa
dan Negara Indonesia.
Sekolah sebagai satuan
pendidikan adalah tempat diselenggarakannya pendidikan guna meningkatkan
kualitas sumber daya manusia. Sekolah merupakan lembaga professional yang
bertujuan membentuk peserta didik menjadi manusia yang berkepribadian yang
matang dan bertanggung jawab terhadap masyarakat serta terhadap dirinya.
Sekolah merupakan salah satu tempat proses pendidikan berlangsung. Di sekolah
terdapat proses pembelajaran yang bertujuan untuk menciptakan sebuah prestasi.
Suatu proses pendidikan dianggap berhasil baik jika mampu menghasilkan output
peserta didik yang berprestasi dan mempunyai kompetensi serta mampu untuk
berkompetisi dalam persaingan global.
Tenaga Kependidikan yang
salah satunya adalah tenaga administrasi sekolah adalah sebagai penunjang dalam
penyelenggaraan pendidikan. Tenaga Administrasi Sekolah adalah
sumberdaya manusia di sekolah yang tidak terlibat langsung dalam kegiatan
belajar mengajar tetapi sangat mendukung keberhasilannya dalam kegiatan administrasi
sekolah. Menurut Mustofa (Ayu
Wyantini, 2009:5) penilaian kesuksesan pendidikan seharusnya dilihat dari
berbagai sudut pandang. Mulai dari
pengaturan jadwal pembelajaran yang teratur, kelengkapan sarana dan prasarana
sekolah yang memadai dan memenuhi standar, kebersihan dan kenyamanan lingkungan
sekolah yang selalu terjaga, manajemen sekolah yang tegas serta supervisi yang
ketat. Semua faktor itu adalah peran strategis dari tenaga administrasi
sekolah, baik itu staf pada bagian tata usaha, pustakawan, laboran, maupun
pesuruh/penjaga sekolah.
Penghargaan terhadap pentingnya peranan dan fungsi tenaga administrasi
sampai saat ini masih kurang disadari dan kurang mendapat perhatian baik oleh
warga sekolah, masyarakat, ilmuwan, maupun pejabat. Padahal peranan tenaga administrasi sekolah sangatlah
penting dalam proses pembelajaran di sekolah yang membantu dalam menyiapkan
segala keperluan sarana dan prasarana yang menunjang dalam proses kegiatan
belajar mengajar. Proses belajar mengajar tidak akan berjalan dengan baik jika
sarana penunjang pembelajaran tidak dipersiapkan dengan baik. Proses belajar mengajar yang kurang baik akan
mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu prestasi siswa.
Mengingat begitu pentingnya
peranan tenaga administrasi sekolahterhadap prestasi siswa, sebagaimana seperti
yang diuraikan di atas, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian
mengenai peranan tenaga administrasi sekolah dalam meningkatkan prestasi siswa, khususnya pada jenjang pendidikan
dasar, yaitu pada SMP Negeri 4 Gerokgak, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten
Buleleng, Provinsi Bali.
2.
METODE PENELITIAN
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian kualitatif. Menurut Bungin (2012 : 32 ), penelitian kualitatif
adalah penelitian yang menghasilkan data deskriptif mengenai kata-kata lisan
maupun tertulis dan tingkah laku yang dapat diamati dari orang-orang yang
diteliti. Sedangkan menurut Trianto (2009 : 179) penelitian kualitatif adalah
penelitian yang percaya bahwa kebenaran adalah dinamis dan dapat ditemukan
hanya melalui penelaahan terhadap orang-orang melalui interaksinya dengan
situasi sosial mereka.
Yang menjadi informan dalam penelitian ini terutama adalah Kepala
Sekolah, Guru-Guru, Pegawai Administrasi, dan Siswa-Siswa di SMP Negeri 4
Gerokgak Informan tersebut ditunjuk secara purposive dengan mempertimbangkan
pengetahuan mereka tentang masalah yang ditelaah.
Adapun yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah:
1. Peranan tenaga administrasi sekolah
dalam proses pembelajaran peserta didik (Siswa) di sekolah yang meliputi :
a. Pelaksana urusan administrasi sarana dan prasarana dalam melaksanakan
administrasi inventarisasi dan kelengkapan sarana prasarana sekolah
b. Pelaksana urusan administrasi kesiswaan dalam melaksanakan
pengelolaan administrasi kesiswaan
c. Petugas laboratorium dan petugas perpustakaan sekolah
dalam menunjang segala kebutuhan siswa dalam proses pembelajaran
2. Peranan pelaksana urusan admnistrasi sekolah dalam meningkatkan
prestasi siswa, dalam hal ini bertugas melaksanakan pengelolaan administrasi di
sekolah dan pelayanan teknis yaitu melaksanakan administrasi keuangan,
administrasi kepegawaian dan administrasi persuratan dan pengarsipan.
Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 4 Gerokgak,
kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng, dengan tujuan untuk mengetahui tentang
bagaimana peranan tenaga administrasi sekolah dalam meningkatkan prestasi
belajar siswa di SMP Negeri 4 Gerokgak. Selanjutnya
menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan
pemanfaatan dokumen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis
kualitatif. Dalam hal ini analisis dilakukan sepanjang berlangsungnya
penelitian dan dilakukan secara terus menerus (sirkuler) dari awal sampai akhir
penelitian.
3. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
1). Peranan Tenaga Administrasi Sekolah dalam Proses
Pembelajaran Peserta Didik ( Siswa ) di SMP Negeri 4 Gerokgak
Seluruh keberhasilan kegiatan sekolah merupakan tanggung
jawab semua warga sekolah dalam mencapai visi dan misi sekolah. Keberhasilan pendidikan adalah menghasilkan
lulusan yang berkualitas sehingga diperlukan kerjasama yang baik dari semua
pihak. Pelaksanan proses pembelajaran
siswa disekolah berperan penting dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas. Tenaga administrasi sekolah adalah tenaga kependidikan
yang bertugas memberikan dukungan layanan administrasi guna terselenggaranya
proses pendidikan di sekolah. Untuk hal
itulah, maka keberadaan tenaga administrasi sekolah sangat diperlukan demi
kelancaran proses pembelajaran di sekolah.
Tenaga kependidikan atau tenaga
administrasi sekolah berperan dalam menunjang penyelenggaraan pendidikan.
Penyelenggaraan pendidikan dilaksanakan dalam rangka mencapai tujuan nasional
bangsa yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa yang ditegaskan dalam pembukaan UUD
1945, tertuang dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SISDIKNAS)
yang mengutamakan pencapaian dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan
manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan,
kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa
tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
Mendeskripsikan
tenaga administratif atau tenaga non edukatif/non guru, yakni personal yang
tidak langsung bertugas mewujudkan proses pembelajaran, antara lain meliputi
pegawai tata usaha, pegawai laboratorium, keuangan, sopir, pesuruh, jaga malam,
pegawai perpustakaan dan lain-lain ( Nawawi, 2008 : 65 ) Sedangkan menurut
Asmani (2011:42) menyatakan bahwa tenaga administrasi atau tata usaha adalah
staf yang melaksanakan tugas-tugas teknis ketatausahaan dengan latar belakang
keahlian dan latar belakang pendidikan masing-masing.
Tugas tenaga
adminsitrasi sekolah menurut Sagala (2010:176), menyatakan bahwa tenaga
administrasi sekolah atau ketatausahaan bertugas membantu kepala sekolah, guru
dan tenaga kependidikan dalam kelancaran kegiatan administrasi ketatausahaan,
kepegawaian, keuangan, perlengkapan dan logistik sekretariat dan surat menyurat,
kepeserta didikan, transportasi, dan sebagainya yang teknis administratif,
sedangkan Menurut Asmani (2011 : 60)
menyatakan bahwa tugas administrasi sekolah mencakup tugas-tugas pokok yang
dilaksanakan di sekolah. Tugas-tugas tersebut meliputi a) Bidang Akademik, b)
Bidang kesiswaan, c) Bidang personalia, d) Bidang keuangan, e) Bidang sarana
dan prasarana, dan f) Bidang hubungan masyarakat.
Begitu pula dalam kegiatan pendidikan
di SMP Negeri 4 Gerokgak, keberadaan tenaga administrasi sekolah menjadi sangat
penting. Jumlah tenaga administrasi sekolah di SMP Negeri 4 Gerokgak sebanyak 7
(tujuh ) orang, tediri dari 5 orang dengan status tenaga tetap ( Pegawai Negeri
Sipil ) dan 2 orang pegawai honor. Kualifikasi pendidikan yang dimiliki oleh
tenaga administrasi sekolah di SMP Negeri 4 Gerokgak adalah 1 orang sarjana, 5
orang tamatan SMA/SMK, serta 1 orang tamatan SD yakni petugas kebersihan.
Jumlah tersebut sebenarnya masih kurang bila dibandingkan dengan banyaknya
beban tugas yang harus dilaksanakan. Sehingga beberapa orang tenaga
administrasi sekolah di SMP Negeri 4 Gerokgak, ada yang merangkap tugasnya.
Peran tenaga administrasi sekolah dalam memperlancar proses
pembelajaran di sekolah sangatlah penting.
Tenaga administrasi sekolah sebagai pelaksana urusan administrasi sarana
dan prasarana mempunyai tugas dalam pengelolaan administrasi sekolah dan
menyiapkan segala keperluan sarana dan prasarana dalam kegiatan belajar
mengajar. Selanjutnya, tenaga
administrasi sekolah juga bertugas sebagai pelaksana urusan administrasi
kesiswaan dalam melaksanakan pengelolaan administrasi kesiswaan. Dalam tugas
ini, seorang tenaga administrasi sekolah, dalam setiap proses pembelajaran
melaksanakan tugas diantaranya menyiapkan absensi untuk peserta didik (siswa)
yang akan mengikuti proses pembelajaran, serta menyiapkan jurnal bagi guru yang
akan mengajar. Tugas tenaga administrasi
sekolah dalam hal ini sudah sesuai dengan apa yang dikemukakan oleh Sahertian (
2005:32 ) bahwa tenaga administrasi sekolah membantu kegiatan administrasi
sekolah yang menunjang proses pembelajaran yaitu pengelolaan pengajaran,
pengelolaan kesiswaan, pengelolaan personaliaan, pengelolaan peralatan sekolah
termasuk media pengajaran dan buku-buku sekolah, pengelolaan keuangan sekolah
dan hubungan sekolah dan masyarakat.
Tenaga administrasi sekolah juga
berperan dalam proses pembelajaran siswa, dalam hal ini sebagai petugas
laboratorium dan sebagai petugas perpusatakaan.
Petugas laboratorium dan petugas
perpustakaan merupakan orang yang berperan penting dalam pengelolaan
laboratorium dan perpustakaan, mereka bertugas dalam menyiapkan kondisi ruangan
laboratorium dan perpustakaan yang harus selalu bersih, nyaman, alat-alat serta
bahan-bahan untuk praktek agar selalu tersedia, kelengkapan koleksi buku
pelajaran maupun buku penunjang sangat penting untuk membantu proses
pembelajaran dalam rangka meningkatkan prestasi siswa.
2). Peranan
Tenaga Administrasi Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di SMP Negeri 4
Gerokgak
Tenaga administrasi sekolah yang
dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
disebut tenaga kependidikan ialah tenaga / pegawai yang bekerja pada satuan
pendidikan yang bertugas melaksanakan administrasi, pengelolaan, pengembangan,
pengawasan, dan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan pada satuan
pendidikan. Dalam hal ini seorang pegawai tenaga administrasi sekolah dituntut
untuk memiliki kompetensi khusus agar dpat melaksanakan tugas yang dibebankan
kepadanya dengan sebaik-baiknya.
Kompetensi adalah kemampuan melaksanakan tugas yang
diperoleh melalui pendidikan dan/atau latihan ( Junaidi dalam Syarifudin, 2011
: 17 ). Kompetensi dapat pula dimaknai
sebagai pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai dasar yang direfleksikan
dalam kebiasaan berfikir dan bertindak Sedangkan tenaga administrasi sekolah
adalah tenaga kependidikan pada satuan pendidikan yang bertugas melaksanakan
administrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan, dan pelayanan teknis untuk
menunjang proses pendidikan pada satuan pendidikan.
Dengan menggabungkan dua pengertian di atas dapat
dikatakan bahwa kompetensi tenaga administrasi sekolah adalah kemampuan yang
diperoleh tenaga administrasi sekolah melalui pendidikan dan latihan untuk
melaksanakan tugas-tugas administrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan,
dan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan pada satuan pendidikan.
Sedangkan menurut Syaefuddin (dalam Syarifudin,2011:18) memberikan pengertian
kompetensi tenaga administrasi sekolah sebagai kemampuan untuk melaksanakan
tugas, peran dan kemampuan mengintegrasikan pengetahuan yang didasarkan pada
pengalaman dan pembelajaran yang dilakukan dalam pelaksanaan pekerjaannya yang
dituntut dalam kecakapan teknis operasional atau teknis administratif di
sekolah.
Kompetensi
standar yang harus dimiliki oleh tenaga administrasi sekolah diatur dalam pasal
1 permendiknas nomor 24 tahun 2008. Dalam lampiran permendiknas tersebut
kompetensi tenaga administrasi sekolah dipetakan ke dalam empat dimensi
kompetensi yaitu kompetensi kepribadian, sosial, teknis dan manajerial. Masing-masing kompetensi ini dalam permendikas nomor 24 tahun 2008
kemudian dijabarkan dalam sub kompetensi yang lebih rinci agar dapat
dilaksanakan sesuai dengan tugas dan fungsi dalam setiap jenis dan jabatan
administrasi sekolah dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah.
Peran seorang tenaga administrasi
adalah mendukung pelaksanaan proses pembelajaran di sekolah. Khusus pelaksana
urusan kepegawaian adalah mengatur administrasi kepegawaian untuk guru-guru dan
pegawai lainnya. Dalam hal ini bertugas menyiapkan data dan informasi guru dan
pegawai. Data tersebut seperti data jumlah guru dan pegawai, data
golongan/pangkat, daftar urut kepangkatan guru dan pegawai, absensi guru dan
pegawai, data buku induk guru dan pegawai, dan lain sebagainya. Selain itu juga bertugas dalam melayani guru
yang akan mengurus administrasi kepangkatan seperti pelayanan dalam pembuatan
kenaikan gaji berkala maupun dalam pengurusan kenaikan pangkat/golongan,
sehingga pelaksanaan proses pembelajaran disekolah tidak terganggu.
Tenaga administrasi sekolah juga
bertugas sebagai pelaksana urusan administrasi persuratan dan pengarsipan,
dalam hal ini tenaga administrasi sekolah bertugas dalam distribusi surat masuk
dan keluar, pengelolaan nomor agenda surat, dan penerusan disposisi dari kepala
sekolah kepada guru atau pegawai yang ditunjuk sampai pada pengarsipan surat
masuk dan keluar.
Selanjutnya, tenaga administrasi
sekolah yang bertindak sebagai pelaksana administrasi keuangan, memiliki peran
yang sangat penting sebagai penunjang terselengaranya segala kegiatan di
sekolah, baik dalam kegiatan berupa proses pembelajaran maupun dalam kegiatan
ekstra kurikuler atau lomba-lomba yang diikuti oleh siswa-siswa di SMP Negeri 4
Gerokgak. Tugas seorang tenaga administrasi sekolah sebagai pelaksana
administrasi keuangan adalah membantu kepala sekolah menyusun Rencana Anggaran
Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS), memproses pertanggung jawaban dan
mengadministrasikan keuangan.
Berbagai prestasi yang diraih oleh
siswa-siswa SMP Negeri Gerokgak dalam lomba khususnya lomba non akademik tidak
terlepas dari dukungan yang diberikan oleh seluruh komponen yang ada di SMP
Negeri Gerokgak, termasuk juga tersedianya sokongan dana yang memang sudah
dianggarkan sebelumnya.
Terhadap prestasi-prestasi yang telah
ditorehkan oleh siswa-siswi SMP Negeri 4 Gerokgak tersebut, peran tenaga
administrasi sekolah ternyata tidak bisa diabaikan. Mulai dari menerima surat
undangan untuk mengikuti sebuah lomba dari panitia lomba, kemudian penyiapan
anggaran serta sarana dan prasarana pendukung untuk proses latihan sampai
kepada pelaksanaan lomba, menyiapkan berbagai kelengkapan administrasi untuk
mengikuti lomba, banyak melibatkan tenaga administrasi sekolah. Dengan kerjasama
dan koordinasi yang baik diantara seluruh komponen yang ada di SMP Negeri 4
Gerokgak, baik itu dari pihak guru, peserta didik, serta tenaga administrasi
sekolah, proses pendidikan dapat berlangsung dengan baik sesuai harapan. Dengan demikian diharapkan prestasi siswa di
SMP Negeri 4 Gerokgak dapat terus ditingkatkan, khususnya prestasi dalam
lomba-lomba akademik yang sampai saat ini belum bisa dicapai.
Harus ada keseimbangan antara
prestasi non akademik yang selama ini sudah banyak diraih dalam berbagi lomba
dengan bidang akademik. Jangan sampai cap sebagi murid desa yang hanya hebat
dalam bidang non akademik terus melekat pada siswa-siswi SMP Negeri 4 Gerokgak.
Kedepan harus bisa dibuktikan bahwa murid didesapun bisa bersaing dan
berprestasi di bidang akademik, misalnya dapat menjadi juara dalam lomba
olimpiade sains yang sering diselenggarakan oleh berbagai instansi. Tahap awal
harus bisa dibuktikan dengan kemampuan lulusan SMP Negeri 4 Gerokgak dengan
nilai yang lebih baik dan bisa untuk bisa menembus dan diterima di sekolah – sekolah favorit di kabupaten
Buleleng.
PENUTUP
Dalam proses pembelajaran sangat
diperlukan peran tenaga administrasi sekolah, karena dalam setiap kegiatan
pembelajaran yang berlangsung memerlukan sarana dan prasarana penunjang.Tenaga
administrasi sekolah dalam hal ini pelaksana urusan administrasi sarana
prasarana bertugas dalam melaksanakan administrasi inventarisasi dan
kelengkapan sarana dan prasarana sekolah untuk bisa membantu kelancaran proses
belajar mengajar di sekolah. Selain itu
dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar disekolah juga diperlukan
pengelolaan administrasi kesiswaan yang baik, diantaranya menyiapkan absen
siswa, menyiapkan jurnal kelas, pengelolaan data siswa, dan lain sebagainya
yang menyangkut tentang siswa merupakan peran dari tenaga administrasi sekolah
khususnya pelaksana urusan administrasi kesiswaan.
Petugas laboratorium dan petugas perpustakaan merupakan orang yang
berperan penting dalam pengelolaan laboratorium dan perpustakaan, mereka
bertugas dalam menyiapkan kondisi ruangan laboratorium dan perpustakaan yang
harus selalu bersih, nyaman, alat-alat serta bahan-bahan untuk praktek agar
selalu tersedia, kelengkapan koleksi buku pelajaran maupun buku penunjang
sangat penting untuk membantu proses pembelajaran dalam rangka meningkatkan
prestasi siswa.
Terhadap prestasi-prestasi yang telah
ditorehkan oleh siswa-siswi SMP Negeri 4 Gerokgak, peran tenaga administrasi
sekolah tidak bisa diabaikan. Mulai dari menerima surat undangan untuk
mengikuti sebuah lomba dari panitia lomba, kemudian penyiapan anggaran serta
sarana dan prasarana pendukung untuk proses latihan sampai kepada pelaksanaan
lomba, menyiapkan berbagai kelengkapan administrasi untuk mengikuti lomba,
banyak melibatkan tenaga administrasi sekolah
Sebuah proses belajar yang baik akan
menghasilkan sebuah iklim belajar yang kondusif sehingga peserta didik merasa
nyaman untuk mengembangkan seluruh potensi yang dimilikinya. Semua prestasi
yang telah diraih oleh siswa SMP Negeri 4 Gerokgak dalam setiap kegiatan
disekolah maupun dalam ajang lomba
khususnya lomba non akademik, tidak terlepas dari dukungan sarana dan
prasarana, pembiayaan, pembinaan serta profesionalisme guru dan tenaga
administtasi sekolah.
Tenaga administrasi sekolah selalu
berperan dalam kegiatan tersebut guna menunjang segala kegiatan yang
berhubungan dengan peningkatan prestasi siswa, yaitu sebagai administrator,
pengelola, dan sebagai pelayan teknis.
Dalam hal ini selalu ada peranan tenaga administrasi sekolah dalam
persiapan pembelajaran meski tidak secara langsung berperan mendistribusikan
pengetahuan kepada peserta didik. Termasuk juga persiapan dalam mengikuti
berbagai lomba yang diikuti oleh siswa SMP Negeri 4 Gerokgak
DAFTAR PUSTAKA
Al-Gharuty, Fu'adz. 2009. “Fungsi
dan Peranan Tenaga Kependidikan Lainnya dalam Menunjang Kelancaran dan
Keberhasilan Pembelajaran di Sekolah.”https://adzelgar.wordpress.com/2009/02/02/tenaga-kependidikan,diakses tanggal 2 Januari 2016
Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Tips Praktis Membangun dan Mengolah
Administrasi Sekolah. DIVA Press, Jogjakarta
Bungin,Burhan, 2012, Analisis Data Penelitian Kualitatif : Pemahaman Filosofis ke Arah
Penguasaan Model Aplikasi, Raja Grafindo Perkasa : Jakarta
Komarudin, 1994. Ensiklopedia
Manajemen. Bumi Aksara, Jakarta
Mulyasa, E. 2011. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah.PT Bumi Aksara,Jakarta
Nawawi, Hadari. 2008. Administrasi Pendidikan. Haji Masagung,Jakarta
Permata, Seftiany. 2009. “Peran Tenaga Administrasi Sekolah Dalam
Meningkatkan Mutu Pelayanan Sekolah di MAN Kota Mojokerto.”https://www.scribd.com/doc/223519058/Peran-Tenaga-Administrasi-Sekolah-Dalam-MeningkatkanMutu-Pelayanan-Sekolah,
diakses tanggal 9 Juni 2016
Sagala, Syaiful. 2010. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan, Alfabeta,
Bandung
Sahertian, Piet A. 2005. Dimensi Administrasi Pendidikan,
Usaha Nasional,
Setiawan, Gede.2015. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Memotivasi Kerja Guru Di Sekolah
Dasar Negeri 1 Paket Agung Singaraja. Skripsi Jurusan Administrasi FISIP
UNIPAS Singaraja
Surabaya:
Sutisna, Oteng. 1989. Admnistrasi Pendidikan Dasar Teoritis Untuk Praktek Profesional.
Angkasa, Bandung
Syarifuddin,2011.”Meningkatkan Kompetensi Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) Dalam
Mengelola Administrasi Kepegawaian Melalui Peran Kepala Sekolah SebagaiManajer.”http://www.academia.edu/8180503/ Meningkatkan_Kompetensi
Syarifuddin,2016. Tenaga_Administrasi Sekolah (TAS_Dalam
Mengelola_Administrasi_ Kepegawaian_Melalui_Peran_Kepala_Sekolah
Sebagai_Manajer, diakses tanggal 27 Mei
2016
Trianto,
2009,Pengantar Penelitian Pendidikan bagi
Pengembangan Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Kencana : Jakarta
Wyantini, Kadek.2011. Peranan Tenaga Kependidikan Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Di SMA
Negeri 1 Seririt. Skripsi Jurusan Administrasi FISIP UNIPAS Singaraja
Tidak ada komentar:
Posting Komentar